Sunday, June 17, 2012

Gurun Pasir Bersalju Siberia

Gurun Pasir Bersalju Siberia


Mungkin sebagian orang akan mengernyitkan dahinya, ketika mendengar kalimat Gurun Pasir Bersalju. Tapi itu lah yang terjadi di pegunungan Siberia. Gurun Pasir Bersalju Siberia itu ada diantara gunung-gunung yang tertata rapi dan diselimuti salju putuh yang indah terdapat permadani berwarna kuning membentang di pinggir-pinggir sungai yang terbentuk dari lelehan salju.

Gurun Pasir Bersalju Siberia luasnya kira-kira 37 km persegi menjadi begitu berharga untuk di lihat karena mempunyai latar belakang gunung bersalju. Gurun pasir bersalju tersebut dinamakan Chara Sand atau gurun pasir Chara yang telah menjadi tempat wisata yang menakjubkan dan patut di kunjungi. Banyak sekali pendaki gunung yang ingin melihat langsung keanehan ini. Gurun pasir itu mempunyai bukit-bukit setinggi 15-30 meter yang membentang di sepanjang pinggiran sungai es di dasar pegunungan. Padang pasir tersebut benar-benar terlihat seperti padang pasir yang ada di mesir.



Gurun pasir tersebut memang mirip sekali dengan yang ada di mesir hanya saja yang membedakan tidak adanya kaktus dan onta. Menurut penyelidikan, Gurun pasir tersebut terbentuk sekitar 50 – 100 juta tahun yang lalu. Gurun pasir Chara ini, kadang-kadang juga tertutup oleh salju karena dekat sekali dengan gunung saljunya tapi hanya pada saat musim dingin gurun pasir tersebut berubah menjadi gurun pasir bersalju

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India